Agenda Koordinasi Sekolah Bulan Oktober 2022

SMK PEMBANGUNAN KARANGMOJO

KONSENTRASI KEAHLIAN: TEKNIK KENDARAAN RINGAN (OTOMOTIF/MOBIL) - TEKNIK SEPEDA MOTOR - PERHOTELAN - TATA BOGA

Jalan Srimpi-Karangmojo, Karangmojo, Gunungkidul, DIY

Selasa, 25 Okt 2022 - 06:48:44 Wib Agenda Koordinasi Sekolah Bulan Oktober 2022 Kategori : Sekolah - Dibaca: 459 kali Oleh : Administrator

Agenda Koordinasi Sekolah bulan Oktober 2022 dilaksanakan pada Senin (24/10) bertempat di Laboratorium IPA. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB setelah kegiatan belajar mengajar (KBM) berakhir. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Perangkat Sekolah, Guru, dan Karyawan.

Acara dibuka dengan pengajian yang disampaikan Bapak Ali Murtadlo, S.Pd.I. Beliau menyampaikan makna surah Al-'Asr. Surah ke 103 di juz 30 tersebut memiliki arti waktu atau masa. Al-'Asr berisi pemahaman tentang pentingnya waktu. Dapat diambil hikmah bahwa kita perlu tepat waktu dalam hal apa pun, selain itu juga mengajarkan agar kita dapat membagi waktu sesuai porsi.


Masa atau waktu saat ini masih di bulan Rabiulawal atau sering dikenal dengan Maulid. Beliau menggambarkan bahwa bulan ini identik dengan selawat dan peringatan Maulid Nabi. Masyarakat berlomba-lomba memperingati Maulid Nabi melalui majelis-majelis. Menurut beliau, orang yang tidak suka mengikuti majelis adalah salah seorang yang merugi.

Berkaitan dengan bulan Maulid, beliau berpesan untuk memperbanyak selawat. Keutamaan membaca selawat yang disampaikan yaitu barang siapa membaca selawat maka akan dibalas kebaikan 10x lipat, akan dihapus 10x kesalahannya, serta ditingkatkan derajatnya 10x. Sudah sepatutnya dengan banyaknya keutamaan tersebut kita berlomba-lomba memperbanyak selawat di samping beraktivitas sehari-hari.

Sambutan Kepala Sekolah diawali dengan informasi kegiatan yang telah berlangsung. Sabtu (22/10) sekolah mengikuti dua agenda peringatan hari santri. Selain itu, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Suara Demokrasi telah terlaksana dengan agenda besar pemilihan Ketua OSIS, IPNU, dan IPPNU. P5 tema pertama ini berjalan cukup sukses, semoga murid dapat mengambil pelajaran dan pengalaman terbaik dari P5 dan dapat diimplementasikan ketika di masyarakat.


Kepala SMA Pembangunan 2 Karangmojo menyampaikan bahwa penyusunan administrasi pembelajaran guru belum mencapai 100%. Prosentase ini dilihat dari jumlah guru yang telah melakukan pengesahan administrasi. Sementara itu, berkaitan dengan musim penghujan, beliau mengingatkan apabila siswa tidak hadir karena terlahalang cuaca, harus tetap menyampaikan perizinan ke sekolah. Informasi lain yang disampaikan yaitu tentang program ekstrakurikuler yang wajib disusun oleh pembimbing. Beliau juga kembali mengingatkan pentingnya dokumentasi kegiatan terlebih dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Sambutan Kepala SMK Pembangunan Karangmojo dibuka dengan pembelajaran bahwa guru adalah sosok panutan bagi murid. Beliau mengajak agar guru menjadi teladan baik dan mengarahkan apabila ada murid menyimpang. Sebagai panutan, teladan, dan figur, guru hendaknya memberikan contoh yang benar sehingga murid dapat meneladaninya.

Lebih lanjut, beliau memaparkan pesan dari Pengawas Pembina bahwa prosentase penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) masih rendah. Untuk itu, beliau tak henti-hentinya mengingatkan agar memanfaatkan PMM sebaik-baiknya. Beliau bahkan meminta setiap guru mengirim tangkapan layar PMM agar progres penggunaan layanan dapat terpantau. Bulan Oktober di SMK Pembangunan Karangmojo merupakan waktu pelaksanaan Supervisi Guru, sebagian guru telah melaksanakan supervisi, beliau berpesan agar guru yang belum disupervisi dapat mempersiapkan dengan baik.


Beliau juga menginformasikan mengenai pemberian beasiswa untuk biaya sekolah bagi murid yang berasal dari keluarga inti guru dan karyawan sekolah. Untuk tahun 2022, beasiswa diberikan kepada dua orang yaitu Adi Nugroho dan Surya Ratu Alan Priambada dari X TKR. Sementara itu, beliau juga mengumumkan mengenai Nomor Induk Pegawai Ma'arif (NIPM) yang berubah per 17 Oktober 2022 dengan aturan terbaru NIPM dari LP Ma'arif NU PWNU DIY. Selain itu, selama dua bulan ke depan akan ada lima personil baru yaitu Mahasiswa PPL dari STAIYO yang akan praktik mengajar di STEMBAKA.

Sesi Informasi Sekolah disampaikan oleh Waka Kurikulum. Beliau mengingatkan bahwa PAS akan dimulai pada 1 Desember 2022. Selain itu, berkaitan dengan rapor kurikulum terbaru, format rapor kelas X akan lebih sederhana. Beliau menginstruksikan agar Wali Kelas X agar bisa segera menyiapkan sampul dan identitas rapor dari sekarang.



Selasa, 25 Mar 2017 11:21:09 WIB
Karangmojo - Sebelum siswa kelas XII lulus, SMK Pembangunan Karangmojo mengadakan penguatan Karakter siswa melalui kegiatan Mujahadah dan Doa bersama. Penumbuhan Karakter pada siswa merupakan hal penting yang harus diperhatikan pada masa sekolah, karena dengan karakter yang baik akan sangat membantu dalam kehidupannya ...
Jumat, 09 Feb 2024 09:16:13 WIB
SMK Pembangunan Karangmojo menggelar kegiatan sosialisasi "Peningkatan Kinerja Guru melalui Aplikasi Portal Merdeka Mengajar (PMM)” pada Senin (29/01) di Ruang Pertemuan Lantai 3 SMK Pembangunan Karangmojo. Acara ini dihadiri oleh para pengawas pendamping, kepala sekolah, beserta seluruh guru pengajar di sekolah ...
Kamis, 04 Mei 2023 11:05:47 WIB
SMA-SMK Pembangunan Karangmojo melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di halaman sekolah, Selasa (2/5). Upacara berlangsung tepat pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh seluruh warga SMA-SMK Pembangunan Karangmojo. Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala SMA Pembangunan 2 Karangmojo, Ibu Dra. Tri ...
Selasa, 12 Okt 2021 09:59:28 WIB
SMK Pembangunan Karangmojo selama satu pekan ini telah sukses menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester secara daring (online). Penilaian Tengah Semester merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan menilaian kinerja dan pemahaman siswa selama setengah semester. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari kerja yaitu pada 4-11 Oktober 2021. ...

0 KOMENTAR



ISI KOMENTAR